Ragam Investasi: Pilih yang Mana?

Pilihan investasi yang patut diperhitungkan

Dalam berinvetasi, normalnya kebanyakan dari kita tentunya menargetkan sesuatu dengan presentase keuntungan yang tinggi bukan?

Hal ini berkaitan dengan pemilihan instrument investasi. Apakah investasi tersebut menjanjikan probabilitas profit yang ditargetkan atau tidak. Jika suatu intrument yang akan dipilih ternyata tidak memenuhi syarat probabilitas yang di inginkan, maka tidak ada salahnya jika melirik jenis instrument investasi lainnya yang lebih menguntungkan.

Berikut beberapa pilihan investasi yang sanggup memberikan nilai return mulai dari rate of return yang hadir dalam skala kecil hingga keatasnya.

Deposito & Reksadana

Deposito & Reksadana menjadi pilihan pengembangan aset keuangan yang sangat menarik bagi orang awam. Selain aman, resiko yang tergolong kecil membuatnya menjadi pilihan instrument investasi yang banyak diminati. Namun apabila terjadi tingkat inflasi yang tinggi, keuntungan yang tergolong kecil akan tertelan dengan nilai inflasi yang terjadi. Hal itu belum termasuk ketika memburuknya pasar modal dan likuiditas.

Emas fisik

Dalam perhitungan, emas fisik memang merupakan instrument investasi yang cukup baik melawan tingkat inflasi yang terjadi. Emas selalu berpotensi memberikan nilai lebih pada tiap tahunnya. Meskipun demikian tingkat keuntungan yang bisa anda raih pada jenis instrument ini tidaklah selalu sesuai harapan.

Selain itu, agar mendapat keuntungan yang maksimal kita juga perlu menimbang waktu antara membeli dan menjualnya. Jangka waktu pengembalian modal yang cukup lama bisa bikin kita sedikit harus bersabar untuk menuai hasilnya, dengan kata lain emas lebih cocok untuk perencanaan investasi jangka panjang.

Waralaba


Waralaba adalah jenis pengembangan aset bisnis yang memang populer pada saat ini. Mulai dari pengusaha, selebritis hingga masyarakat awam sepertinya sudah menyadari akan hal ini. Keunggulan dari waralaba adalah anda tidak perlu pusing dan repot untuk memikirkan strategy pengembangannya. Semua sudah tersedia. Mulai dari sistem, manajement, hingga persolan promosi.

Namun beban biaya royalty yang harus ditanggung sebesar 2 – 15 % dari total penjualan kotor, serta adanya beberapa ketentuan yang tidak memperbolehkan kita mengembangkan bisnis ini secara personal atau tanpa persetujuan bersama sudah pasti akan membatasi ruang gerak kita untuk meningkatkan nilai rate of return.


Property

Property adalah salah satu jenis pilihan investasi yang menjanjikan nilai keuntungan tinggi karena kebutuhannya. Meski bisnis ini menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit, ada beberapa hal yang mungkin akan menjadi kendala dalam menjalankannya.

Selain modal yang cukup besar Kebutuhan akan letak lokasi akan sangat menjadi penentu perkembangannya kedepan. Setidaknya orang yang bermain pada sektor property harus mempunyai sumber informasi yang kuat mengenai perkembangan daerah dimana tempat mereka berencana membangunnya.

Trading Online


Trading online merupakan tipe pilihan investasi aktif yang mempunyai banyak pilihan produk untuk dicoba. Tidak hanya kebebasan memilih instrument yang tersedia didalamnya, keuntungan yang bersifat dua arah juga menjadi poin plus investor untuk tetap menghasilkan keuntungan baik ketika pasar dalam keadaan naik ataupun turun.

Sekedar mengingatkan, dalam berbagai bisnis ataupun perencanaan pengembangan aset keuangan tetap terdapat resiko yang mengincar dibelakang. Meskipun trading online adalah pilihan investasi yang mempunyai banyak nilai plus tapi tetap saja hadir dengan besarnya resiko yang akan menghadang, bahkan dengan resiko terburuk, yaitu kehilangan modal awal dalam sekejap.

Namun resiko yang hadir sangatlah berimbang dengan nilai keuntungan yang akan didapatkan “high risk high return”. Instrument ini cocok bagi mereka yang memilih investasi jangka pendek ataupun jangka panjang.

 

Kesimpulan

Spoiler
Pada saat ini, ada banyak pilihan instrument investasi yang tersedia. Point utama dalam memilih investasi yang tepat adalah pahamilah dulu jenis penginvestasian yang mau kita dapatkan. Entah itu dari segi modal, pengelolaan hingga hasilnya sendiri, sehingga anda tidak terlalu kesulitan mengelola instrument investasi tersebut.

Pada akhirnya saya menyimpulkan, sebelum kita berinvestasi perlu dipertimbangkan lagi, apakah instrument penginvestasian yang dipilih nantinya bisa memberikan anda rasa aman, nyaman, mampu memberikan rate of return yang diharapkan dan tidak harus selalu dimulai dengan modal yang besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: