Selamat Jalan Alex – Salah Satu Email Terakhir Alex Supelli

Saya tidak pernah menyangka bahwa Alex Supelli, penerbang akrobatik yang baru-baru ini jatuh di Bandung Air Show 2010, adalah seorang yang mempunyai pengetahuan yang dalam mengenai agama Islam. Sosoknya yang gagah dan genteng, tentunya akan menjadi cobaan baginya. Nampaknya pandangan ini salah sama sekali.

Seminggu sebelum jatuhnya pesawat yang dipilotinya ia mengirimkan email kepada milis ITB75 yang isinya sangat mengesankan. Berikut ini adalah email yang dikirimkannya.

Catatan: Alex, termasuk yang jarang berkomentar di dalam milis. Emailnya ini cukup mengejutkan, apalagi isinya yang tak diduga.

Setelah email ini Alex menawarkan dan membagikan elektronic file Quran & Terjemahannya dalam format MS Word.

Menyambut dimulai nya Majelis Taklim ITB 75 di Bandung, saya jadi teringat lagi kepada catatan yang saya dapat dari sang Ayah.

Saya pernah bertanya, kalau mau mulai memahami kandungan isi Al Quran, dari mana kita mau mulai ? jumlah ayat AQ begitu banyak, apa ada methodanya ? Kok kayaknya susah bener.

Ayah tersenyum – beliau bilang AQ tidak untuk membuat kita susah – ambil yang mudah dan ambil pokok pokok pelajarannya dulu.

Al Quran diturunkan tidak untuk membuat susah

[QS 20:2] Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah;

Ayahku bilang belajar AQ harus dengan akal – Allah akan murka jika kita tidak gunakan Akal. Lakukan dengan sabar dan selalu mohon doa. Menggunakan akal dan berdoa adalah inti mempelajari AQ.

[QS 10:100] Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.

[QS 20:114] Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al Qur’an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”

Al Quran di turunkan bagi orang orang yang mempunyai Akal:

[QS 12:111] Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

Kenapa ? Karena hanya orang yang berakallah yang mau mengambil pelajaran dr Al Quran:

[QS 14:52] (Al Qur’an) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengannya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.

Dan hanya orang2 yang berakallah dan orang orang yang dikehendaki NYA lah yg akan diberi ilmu dan bisa mengambil pelajaran:

[QS 2:269] Allah menganugerahkan al hikmah (kepahaman yang dalam tentang Al Qur’an dan As Sunah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang dianugerahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

Kitab diturunkan untuk orang orang yang takwa dan yang terpilih adalah karunia Allah yang amat besar:

[QS 35:32] Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar:

Nah, apa itu akal ? Bagaimana “Akal” versi AQ (versi Allah)?

[QS 3:190] Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,

[QS 3:191] (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Untuk itu ingatlah selalu untu ber-Dzikir,selalu ingat Allah, at any time:

[QS 33:41] Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (ingat lah Allah), zikir (ingatlah Allah) yang sebanyak-banyaknya.

Agar kita selalu ingat bahwa kita harus selalu bertakwa:

[QS 2:63] Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): “Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada di dalamnya, agar kamu bertakwa”.

Kemudian ayah menambahkan , nah dengan basis Akal dan Doa ini, kita harus bisa membedakan mana ayat pokok pelajaran (ayat mudah) dan mana ayat ayat yang sebenarnya bisa menyesatkan dan hanya akan jadi sumber perselisihan dan debat berkepanjangan (menimbulkan fitnah dan mencari-cari takwilnya):

Ayat ada 2 jenis Ayat Ayat sulit dan Ayat mudah:

[QS 3:7] Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur’an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur’an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami.” Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.

Pemahaman Al Quran harus mudah untuk orang lain dan untuk diri sendiri – Ayat2 sulit karena AQ banyak mengandung perumpamaaan:

[QS 2:26] Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.

[QS 17:89] Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulang kepada manusia dalam Al Qur’an ini tiap-tiap macam perumpamaan, tapi kebanyakan manusia tidak menyukai kecuali mengingkari (nya).

[QS 18:54] Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Qur’an ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.

[QS 39:27] Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Qur’an ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran.

Jadi kata ayahku : untuk mulai – masuk dulu kepada pokok pokok ajaran AQ – nah apa itu pokok pokok pelajaran AQ ? Hari sudah menjelang siang – ayah ku bilang- besok kita teruskan – sekarang kamu harus pergi sekolah (selagi aku kecil – ayahku selalu membangunkan ku menjelang subuh- kemudian memberi aku pelajaran pelajaran dasar agama yang sampai saat ini aku syukuri – walaupun sulit benar untuk menjalankannya —- semoga beliau mendapat tempat terbaik disisi NYA).

Wassalam
Alex

Selamat jalan Alex temanku ….. Saya hanya sempat mengenalmu lebih baik dari tulisanmu terakhir ini. Sebuah teladan dan hikmah baik tentang bagaimana mendidik anak. Semoga Allah memberimu tempat yang jauh lebih baik di sana dari pada di dunia ini ….. dan pada saat kami menggunakan metodologimu, metodologimu itu menjadi amal jariah. Dan semoga amal jariahmu ini selalu terus mengisi pundi-pundi pahalamu walaupun engkau sudah pergi dari kefanaan dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: