Daftar Perlengkapan Bayi

Daftar perlengkapan bayi: apa yang harus segera dipersiapkan untuk si kecil

Kata nenek-nenek jaman dulu, sebelum kehamilan 7 (tujuh) bulan pamali belanja kebutuhan bayi. Biasanya selalu ada penjelasan tersembunyi dibalik larangan semacam itu. Yang bisa terfikirkan oleh gw, mungkin sebelum usis 7 bulan jenis kelamin bayi masih belum kelihatan jelas dan perkiraan berat badannya juga belum pasti, masih bisa nambah. Takutnya kita udah beli ini itu eh… taunya ga cocok ato kekecilan :-)

Berhubung usia kehamilan gw udah jalan 7 (tujuh bulan), gw mulai dikit2 hunting perlengkapan bayi. Awalnya sempat bingung juga secara gw di jakarta cuma berdua, sementara kedua orang tua kami berada jauh dari kami. Jadilah gw mengandalkan mbah gugel :-)

Dari hasil mengubek-ubek mbah gugel ditambah sedikit variasi dan penyesuaian dengan budget, tersusunlah daftar kebutuhan bayi versi gw :-D

DAFTAR KEBUTUHAN BAYI

A. PAKAIAN & PELENGKAPNYA

Barang yang harus ada:

  • 6 bh Baju Tanpa Lengan
  • 6 bh Baju Tangan Pendek
  • 6 bh Baju Tangan Panjang
  • 6 bh Celana Pendek
  • 6 bh Celana Pop
  • 6 bh Celana Panjang Buka Kaki
  • 3 bh Celana Panjang Tutup Kaki
  • 6 bh Bedong Bayi Flanel/Katun/Muslin uk. 120 x 90
  • 1 lsn Popok Kain/Kaos Bertali
  • 4 psg Sarung Tangan Kaki

Pelengkap:

  • 6 bh Gurita Bayi Bertali *) optional, hanya dipakai sampai bayi puput pusar
  • 1 bh Baju Jumper Bayi + Topi + Sepatu –> untuk pulang dari RS, bisa cari yang terpisah
  • 1 set Peniti Besar
  • 1 bh Selimut Tutup Kepala –> dipakai saat pulang dari RS, selebihnya bisa dijadiin selimut bobo
  • 1 bh Kain Gendongan –> gw sih maunya yg model biasa dari batik, tapi kata masku kaya emak-emak :-)
  • 6 bh Saputangan Kecil –> untuk lap gumoh

B. PERLENGKAPAN MANDI & CUCI

Barang yang harus ada:

  • 2 bh Handuk Bayi Besar
  • 1 bh Handuk Bayi Kecil *) optional, buat ngelap badan bayi klo yg gede buat bungkus
  • 2 bh Washlap Jari –> pilih yang bahannya halus dan lembut
  • 1 bh Bak Mandi –> pilih yang gedean, jadi dipakainya agak lama
  • 1 bh Perlak Plastik

Pelengkap:

  • 1 bh Alas Mandi Karet Anti Slip *) optional, dipakai saat bayi sudah bisa duduk tegak
  • 1 set Penjepit Pakaian/Jepitan Jemuran
  • 1 bh Jemuran Bulat
  • 2 bh Ember Plastik Bertutup –> 1 untuk pakaian kotor, 1 untuk pakaian yang kena pee n pup

C. PERAWATAN

Barang yang harus ada:

  • 1 btl Baby Liquid Soap –> beli dulu yg ukuran kecil, belum tau cocok nggaknya
  • 1 btl Baby Oil
  • 1 btl Minyak Telon *) optional, hasil ngubek2 internet tidak begitu disarankan
  • 1 pak Cotton Swab
  • 1 pak Kapas Bulat + stoples –> lebih irit beli kapas gulungan terus dibulet2in/dipotong-potong
  • 1 set Comb and Hair Brush –> pilih yang bulunya bener-bener halus
  • 1 bh Gunting Kuku Bayi Berujung Bulat –> model gunting lebih disarankan daripada yg nail clipper
  • 1 bh Digital Thermometer

Perawatan Pusar:

  • 2 pak Kain Kasa Steril
  • 1 btl Alkohol  70% –> sudah tidak terlalu disarankan sih
  • 1 btl Betadine

Pelengkap:

  • 1 btl Baby Cream
  • 1 btl Baby Powder *) optional, hati-hati dengan serbuknya bs mengganggu pernafasan bayi
  • 1 set Powder Case + Puff
  • 1 btl Baby Lotion
  • 1 btl Baby Cologne
  • 1 bh Deterjen Khusus Bayi
  • 1 pak Baby Wipes *) optional, dipake klo emergency saja, prefer pake saputangan
  • 1 btl Baby Hair Lotion

D. PERLENGKAPAN TIDUR

Barang yang harus ada:

  • 1 bh Perlak Besar Alas Tidur
  • 1 lsn Alas Ompol –> rencananya setelah usia 1 minggu mau pake clodi
  • 1 bh bantal peang
  • 2 bh Selimut Bayi *) optional, bisa pake kain bedong bayi

Pelengkap:

  • 1 bh Boks Bayi *) optional, rencananya mau bobo sama ayah n bundanya
  • 1 bh Kelambu/Kojong
  • 1 set Kasur + Bantal + Guling *) optional, tidak disarankan untuk bayi, pilih yang sarungnya bs diganti
  • 1 set Sprei & Sarung Bantal Guling Katun

E. LAIN-LAIN

  • Tas Perlengkapan Bayi
  • Container Susu
  • Feeding Bottle Closer to Nature 150 ml –> pengennya yang Tommee Tippee, katanya ga bikin bingung puting
  • 1 lsn botol kaca bekas UC-1000 + tutupnya
  • Cloth Diaper *) optional, untuk full clodi idealnya 11 clodi, 16 insert, 5 liner

Sementara yang terpikirkan oleh gw baru itu, kalau nanti ada yang terlewatkan akan ditambahkan kemudian. Atau ada yang mau kasih usulan, diterima dengan senang hati :-D

Mungkin ada yg komentar, wah… kok dikit amat belanjaannya ;-) yaa… gw belajar dari pengalaman kakak gw, bajunya Surya usia belum ada 3 bulan udah ga muat pake baju 0-3 bln, jadi banyak baju-baju yg ga kepake kan sayang

Terus juga emaknya ini kan rada gatel, tiap kali jalan suka ga nahan liat baju-baju yg imut2 dan lucu, daftar diatas gw buat berdasarkan pembelian borongan ato paling dikit 1/2 lusin, gw ga mau juga sih anak gw bajunya 1 lusin samaan smua, ga variatif :-p

sumber: http://dewiyani.wordpress.com/2010/05/27/daftar-kebutuhan-bayi/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: