Mandi Sauna Tidak Bisa Mengeluarkan Racun Tubuh

img
(Foto: thatsfit)

Jakarta, Banyak orang tergila-gila mandi sauna karena percaya berlama-lama di tempat uap panas bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Padahal tidak ada satupun kandungan racun dalam keringat yang keluar saat mandi sauna. Zat paling banyak hilang dari tubuh adalah air, bukan racun.

Dan jika seseorang sudah kehilangan banyak air, tubuh tidak bisa lagi bertahan hidup lama risiko kematian menjadi ancaman terbesarnya.

Seperti dilansir dari Health, Senin (15/2/2010), tiga orang meninggal dunia dan beberapa lainnya sakit serius pada minggu lalu setelah melakukan ritual detoksifikasi di tempat spa mahal di daerah Arizona. Pemilik tempat spa tersebut, James Arthur Ray akhirnya ditahan atas kasus tersebut.

Menurut Dr Rachel Vreeman dari the Indiana University School of Medicine, tindakan membersihkan tubuh melalui pengeluaran keringat berlebih sangat membahayakan.

“Tubuh sebenarnya sudah dirancang untuk bisa melakukan proses detoksifikasi alami melalui berbagai proses dalam organ tubuh,” kata Dr Vreeman.

Beberapa organ yang berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh antara lain:

  1. Hati, berfungsi menyaring racun dalam darah yang tidak dapat digunakan tubuh.
  2. Ginjal, berfungsi mengeluarkan racun dalam urin yang merupakan produk hasil metabolisme protein.
  3. Usus, berfungsi menyingkirkan apa yang tidak dapat digunakan tubuh dan apa yang bisa dipakai tubuh.

“Selama ini ada mitos bahwa organ-organ itu adalah tempat untuk menumpuk racun, sehingga perlu dikeluarkan melalui keringat, padahal itu tidak benar. Fungsi utama keringat bukan untuk mengeluarkan racun tapi untuk mengatur suhu tubuh,” jelas Dr Vreeman.

Meskipun komponen utama keringat adalah air, tapi keringat juga mengandung sedikit mineral dan elemen terlarut lainnya, seperti sodium, laktat, urea, potasium, kalsium, magnesium, zinc, nikel, besi, chromium dan lainnya.

Tidak ada satupun kandungan racun dalam keringat. Jadi jika seseorang berkeringat, zat paling banyak yang hilang dari tubuh adalah air, bukan racun. Dan jika seseorang sudah kehilangan banyak air, tubuh tidak bisa lagi bertahan hidup lama.

Istilah detoksifikasi biasanya dipersepsikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, dan hal itu menurut Dr Vreeman membuat seseorang tidak percaya dengan tubuhnya sendiri.

“Tubuh tidak perlu perlakuan atau usaha khusus untuk membersihkan diri. Yang diperlukan hanyalah mendapatkan asupan cairan yang cukup dan konsumsi makanan sehat,” ujar Dr Vreeman.

Beberapa studi menyebutkan bahwa melakukan sauna bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah dan fungsi jantung. Tapi tidak ada satu pun bukti atau studi yang menyebutkan bahwa sauna dapat mengeluarkan racun.

Meski demikian, di beberapa negara di Amerika masih ditemukan tempat-tempat yang menjanjikan detoksifikasi melalui keringat. Bahkan hal itu sudah menjadi bagian dari budaya dan tradisi di sana. Mereka percaya bahwa keringat bisa menjernihkan pikiran dan tubuh.

Wanita suku Maya dan Aztec misalnya menggunakan keringat sebagai bagian dari ritual untuk mendapatkan kesuburan. Sementara kaum prianya menggunakan keringat sebagai bahan persiapan untuk berburu dan lainnya.

Dalam lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin, keringat berfungsi untuk menyeimbangkan berapa panas yang harus dihasilkan atau berapa yang sudah dilepaskan. Tapi jika keringat terus menerus dikeluarkan dalam jangka waktu lama, tubuh tidak bisa lagi mendinginkan badan dengan cukup.

Alhasil, beberapa gejala seperti kulit terbakar, dehidrasi, sesak nafas, mual-mual, pusing, pingsan, gagal ginjal bahkan kematian pun bisa terjadi.
(fah/ir)

sumber: http://health.detik.com/read/2010/02/15/122236/1299679/766/mandi-sauna-tidak-bisa-mengeluarkan-racun

2 responses to this post.

  1. Posted by stafol on November 11, 2010 at 7:32 pm

    MAKAX ..BUAT TEMA2 YNG MASIH MENGKONSUMSI DAGING BABI, ANJING ,TIKUS, ULAR , BIAWAK DLL .(BINATANG YANG DI HARAMKAN / DAN DI MAKRUHKAN KARNA SIFAT KOTOR, JIJIK, DAN MENGANDUNG PENYAKIT ) MULAI SEKARANG DI HINDARI..INI SATU2X CARA MENGHILANGKAN / MENGHINDARI RACUN DALAM TUBUH…AGR SEMUA ORGAN TUBUH BERJALAN DAN BERFUNGSI DENGAN SEMESTINYA….TRIMA KASIH ..SELAMAT MALAM …SALAM SEJAHTERA…

    Reply

  2. ha haaaaaaaaaaaaa
    saya setuju !
    sipppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp
    pollllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: