Film Avatar: Pencerahan bagi Industri Storage

SAN FRANCISCO – Film Avatar yang menggunakan teknologi 3 dimensi yang paling muktakhir, selain menghasilkan karya yang luar biasa juga membuat industri storage mengalami pencerahan. Kok bisa?

Avatar yang disutradarai oleh James Cameron memang menampalkan potongan-potongan gambar apik, yang membuat setiap orang begitu tercengang melihat hasil ditampilkan yang boleh dikatakan sangat sempurna. Film ini diproduksi oleh LightStorm Entertaiment, yang menggunakan teknologi CGI (Computer-Generated Imagery) hasil kerja sama dengan Weta Digital asal Selandia Baru.

Pengambilan gambarnya menggunakan sistem kamera fusion 3D, serta sang sutradara tak lupa memberikan sentuhan resolusi film 3D high-resolution dari Los Angles Studio, yang kemudian harus diterjemahkan ke dalam komponen film. File-file inilah yang kemudian di simpan di storage oleh di Isilon IQ.

“Produksi Avatar menghasilkan puluhan terabyte data dalam berbagai format, termasuk file digital yang besar dan file metadata instruksional. Data Terabyte diciptakan setiap pekan dan, kadang-kadang satu hari,” jelas keterangan yang ditulis Isilon, yang dikutip The Register, Rabu (23/12/2009).

Lightstorm bisa menembak, mengambil gambar dari lokasi tertentu dan kemudian mengakses konten terbaru dari IQ Isilon cluster dengan filesystem global. Isilon mengatakan bahwa node baru ditambahkan sesuai kebutuhan.

Selain itu, Weta memilih NetApp yang digunakan untuk menyimpan data yang masuk, kemudian digunakan sejumlah workstation besar dan server berbilah dengan total 30.000 core untuk bekerja di atasnya. Filers NetApp yang dipasangkan dengan sampai lima kartu ekselerator Cache DRAM 160GB di controller mereka, PAM (Percepatan Kinerja Modul) cache, untuk mempercepat akses file oleh Weta bagi orang-orang kreatif. Hasilnya, Film Avatar menjadi film mengangumkan dengan teknologi yang hebat.

Film epik fiksi ilmiah Avatar yang disutradarai James Cameron menjadi film dengan penghasilan tertinggi dengan pendapatan domestik US$73 juta dan US$159,2 juta di seluruh dunia sehingga totalnya US$232,2 juta.

Dengan prestasi itu, distributor 20th Century Fox pun berujar bahwa pihaknya telah membuat investasi yang baik. Film yang menghabiskan dana US$400 juta untuk biaya pembuatan dan pemasarannya ini merupakan fitur naratif pertama Cameron sejak menghasilkan Titanic pada 1997. “Keputusan mereka mengeluarkan biaya besar untuk film ini sudah sangat tepat. Jumlah pendapatan yang akan mereka terima pasti lebih besar daripada pengeluarannya,” kata Paul Dergarabedian, analis box office untuk Hollywood.com.

Adapun Avatar dibintangi Sam Worthington dan Zoe Zaldana yang terlibat kisah percintaan di tengah konflik antara manusia dan alien di sebuah bulan pada abad ke-22. Secara keseluruhan, box office tengah berada di bawah kekuatan Avatar. Pendapatan domestik Hollywood kini mencapai US$134 juta, lebih tinggi 51% ketimbang minggu yang sama tahun lalu ketika film Yes Man berada di posisi satu dengan penghasilan US$18,3 juta.

Tak ada yang mengira Avatar akan menjadi Titanic lain. Sebelumnya, Titanic memulai pendapatan hanya sebesar US$28,6 juta pada minggu pertama, tapi bertahan di posisi satu selama berbulan-bulan. Titanic pun akhirnya meraih rekor dengan pendapatan domestik US$600 juta dan US$1,8 miliar di seluruh dunia.

Sebelum Avatar dikeluarkan, Cameron mengatakan film itu tidak akan langsung meledak di minggu pertamanya, tapi profitabilitasnya bergantung pada bagaimana posisi film itu pada akhir pekan berikutnya. Tidak seperti film Hollywood lain yang kisahnya diambil dari komik, acara TV, mainan, atau cerita serta ide yang sebelumnya pernah ada, Avatar merupakan cerita orisinal yang konsepnya belum pernah dihadirkan ke masyarakat.

sumber:

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/12/21/112712/62/10/Avatar-Menggelegar

http://techno.okezone.com/read/2009/12/22/324/287400/film-avatar-berikan-pencerahan-bagi-industri-storage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: