Mitologi Kambing

Menurut Mitologi Nordik, dewa petir, Thor, memiliki kereta yang ditarik oleh kambing Tanngrisnir dan Tanngnjóstr. Pada malam hari ketika ia mendirikan perkemahan, Thor makan daging kambing, namun berhati-hati agar semua tulang tetap utuh. Kemudian ia membungkus sisa-sisa, dan di pagi hari, kambing selalu hidup kembali untuk menarik kereta.. Ketika putra seorang petani yang diundang untuk berbagi istirahat makan salah satu kambing ‘kaki menyedot tulang sumsum, kaki hewan tetap patah di pagi hari, dan anak itu dipaksa untuk melayani Thor sebagai pelayan untuk mengimbangi kerusakan.

**keterangan gambar ::

Kambing Heiðrún mengkonsumsi dedaunan dari pohon Læraðr, sementara ambing menghasilkan madu, dikumpulkan dalam panci bawah (1895) oleh Lorenz Frølich

Kambing Heiðrúndalah kambing dalam mitologi Nordik, yang mengkonsumsi dedaunan dari pohon Læraðr dan menghasilkan madu untuk einherjar. She is described in the Poetic Edda and Prose Edda . Dia digambarkan dalam Poetic Edda dan Prose Edda.

.****

Mungkin terkait, yang Yule Kambing adalah salah satu yang tertua Skandinavia dan Utara Eropa Yule dan Natal simbol dan tradisi. Kambing Yule awalnya denoted kambing yang disembelih sekitar Yule, tetapi mungkin juga menunjukkan sosok seekor kambing yang terbuat dari jerami. Hal ini juga digunakan tentang kebiasaan pergi dari pintu ke pintu menyanyikan lagu-lagu Natal dan mendapatkan makanan dan minuman sebagai imbalan, seringkali buah-buahan, kue dan permen. serupa dengan adat Inggris wassailing, baik dengan kafir akar. The Gavle Kambing adalah versi raksasa Kambing Yule, didirikan setiap tahun di kota Swedia Gavle.

Dewa Yunani, Pan, dikatakan memiliki tubuh bagian atas seorang pria dan tanduk dan tubuh lebih rendah dari seekor kambing. Pan adalah dewa yang sangat penuh nafsu, hampir semua mitos yang melibatkan dirinya ada hubungannya dengan dia mengejar peri. . Dia juga dikreditkan dengan menciptakan panci suling.

Kambing adalah salah satu siklus dua belas tahun binatang yang muncul dalam zodiak Cina terkait dengan kalender Cina. Masing-masing binatang dihubungkan dengan ciri kepribadian tertentu; mereka yang lahir di tahun kambing diperkirakan akan menjadi pemalu, tertutup, kreatif, dan perfeksionis.

Beberapa hibrida makhluk mitologis diyakini terdiri dari bagian-bagian kambing, termasuk Chimera. The Capricorn dalam zodiak barat biasanya digambarkan sebagai seekor kambing dengan ikan ’s ekor. Faun dan satyr adalah makhluk mitologi yang merupakan bagian kambing dan sebagian manusia. Mineral bromin ini dinamai dari kata Yunani “brόmos,” yang berarti “dia-bau kambing.”

Kambing disebutkan banyak kali dalam Alkitab. Kambing dianggap sebagai “bersih” hewan oleh hukum makanan Yahudi dan disembelih untuk tamu terhormat. Itu juga dapat diterima untuk beberapa jenis pengorbanan. Tirai bulu kambing digunakan dalam tenda yang berisi Kemah Suci (Keluaran 25:4).On Yom Kippur, perayaan Hari Raya Pendamaian, dua kambing dipilih dan banyak digambar untuk merekaSatu dikorbankan dan yang lainnya diperbolehkan untuk melarikan diri ke padang gurun, secara simbolis dengan membawa dosa-dosa masyarakat. Dari sini datang kata  Seorang pemimpin atau raja itu kadang-kadang dibandingkan dengan laki-laki memimpin kawanan kambing.. Dalam Perjanjian Baru, Yesus menceritakan perumpamaan tentang Domba dan Kambing. ( Gospel of Matthew 25) (Injil Matius 25)

Kekristenan telah dikaitkan Setan dengan gambaran kambing. Takhayul di Abad Pertengahan adalah bahwa kalimat-kalimat cabul kambing berbisik di telinga orang-orang kudus.. Asal usul keyakinan ini mungkin perilaku tanggung jawab dalam kebiasaan, yang sangat lambang nafsu. Abad pertengahan yang umum penggambaran setan itu adalah seperti seekor kambing muka dengan tanduk dan janggut kecil (a janggut).. The Black Misa, yang mungkin-mitologis “Setan massa,” adalah kata untuk melibatkan kambing hitam [siapa?], Bentuk yang seharusnya Setan dimanifestasikan dirinya sendiri untuk ibadah.

Kambing telah memiliki hubungan berlama-lama dengan Satanism dan kafir agama, bahkan hingga masa modern. pentagram,terbalik sebuah simbol yang digunakan dalam Setanisme, dikatakan berbentuk seperti kepala kambing. The “Baphomet of Mendes” menunjuk kepada setan seperti kambing-tokoh dari abad ke-19 okultisme.

Sedangkan dalam islam kambing sudah disebut jaman nabi Muhammad Saw, dan saat ini dipakai sebagai hewan untuk kurban atau aqiqah. Dan Kata Kambing juga disebt dalam Al-Quran dan Hadits

sumber: http://susuwedus.wordpress.com/2009/12/05/mitologi-tentang-kambing/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: