RALLY EMAS SEPT 09–MAR 10 TERANCAM GAGAL

Topik kali ini menyangkut pertempuran antara spekulator dan Commercial Traders (CT) di arena emas. Salah satu indikator yang Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) gunakan untuk menganalisa arah gerakan emas adalah Commitment Of Trade (COT). Data COT menunjukkan posisi para pemain di sektor emas yang dibagi-bagi menjadi: Commercial Traders (CT), Big Speculators (BS) dan Small Speculators (SS). CT kebanyakan adalah pemilik barang (emas atau perak) dengan kata lain para produser, pemilik tambang yang melakukan lindung nilai di pasar COMEX (Commodity Exchange). Suatu hal mengenai CT ialah: mereka punya barang dan bisa mengguyur pasar, kalau mau.

Seperti kita ketahui bahwa umumnya setiap tahun emas rally antara bulan Sept/Aug sampai Feb/Mar tahun berikutnya. Untuk tahun ini, rally logam mulia Sept 09 – Mar 10, punya peluang gagal, terutama kalau dilihat dari kacamata US dollar, bukan Rupiah. Mengenai emas vs mata uang lain (Euro, Pound, dsb) kita akan bahas di akhir minggu, insha Allah kalau saya sempat.

YANG BOHONG
Saya menulis artikel ini karena gatal. Saya tidak bisa melihat ada orang bohong. Tadi pagi saya menbaca di Kitco.Com mengenai opini pada produser emas tentang harga emas yang akan terus naik tahun ini. Tentu saja hal ini bertentangan dengan apa yang mereka lakukan. Dalam artikel yang berjudul: Gold Rally has Legs: Mining Industry Leaders Agree disebutkan:

Record high gold prices are here to stay, according to several of the world’s most prominent gold mining industry executives.

This was their emphatic proclamation at the Denver Gold Group’s prestigious annual conference at the Grand Hyatt Hotel in Denver. And as if on cue, gold’s performance gave plenty of credence to their bullish remarks. Having easily breached the psychologically all-important $1,000 an ounce mark the week prior to the conference, gold’s spot price continued to gather momentum. Which, of course, delighted attendees at the world’s most important annual congregation of gold mining and investment industry movers and shakers.

Among the power players who spoke enthusiastically about gold’s future was Aaron Regent. He is the CEO of the world’s largest gold miner, Barrick Gold which is on-track to produce 7.2-7.6 million ounces this year. In his popular presentation, he said the yellow metal will become increasingly attractive as a “safe haven” investment. Especially against a backdrop of a sluggish global economic recovery, the world’s runaway money supply, and looming inflationary forces.

……….. Meanwhile, former Goldcorp CEO Rob McEwen was far more explicit about what he expects gold will do next during his presentation as the CEO of US Gold. His high-flying gold exploration/development company is making impressive headway in its hunt for significant gold deposits in Nevada and world-class silver discoveries in Mexico.

“Gold is going a lot higher. By the end of 2010, we will see $2,000 an ounce gold. And by the time that the gold cycle is over we’ll see $5,000 an ounce,” he declared………

Saya pikir CEO Goldcorp Rob McEwen bohong, karena ada perbedaan omongan dia dengan data di lapangan.

COMMITMENT OF TRADE (COT)
Data COT menunjukkan posisi para pemain di pasar COMEX. Yang menarik dari COT ini adalah, bisa dijadikan sebagai leading indikator kemana arah larinya emas/perak. Kalau CT punya banyak posisi short, maka hal ini merupakan leading indikator untuk turunnya harga emas. Secara total antara short dan long harus sama. Untuk setiap penjual harus ada pembeli.

Karena CT biasanya juga produser, maka mereka punya kekuatan lebih dalam hal pasokan emas. Oleh sebab itu mereka biasanya mendominasi pasar. Sebagai contoh adalah untuk tahun 2005, rally emas tertahan di bulan November 2005. Harga emas turun 10%, sebelum rally berlanjut lebih kencang dari pertengahan Desember 2005 sampai bulan Maret 2006 untuk naik 20% (lihat Chart-1). Catatan, untuk data COT saya gunakan COT dari perak, bukan emas. Ini sekedar untuk membuat kontras perbedaan antara periode long & short bagi CT.


Chart 1 (klik chart untuk memperbesar)

Posisi short para CT juga terlihat pada akhir rally tahunan emas Sept 07 – Mar 08. Pada akhir rally yaitu bulan Maret 2008, CT melakukan shorting dalam jumlah yang besar (Chart-2). Pembaca bisa mengecek perjalanan harga emas selama tahun 2007-2008 sendiri dan membandingkan dengan data COT di bawah.


Chart 2 (klik chart untuk memperbesar)

Bagaimana peta COT untuk saat ini? Chart-3 menunjukkan kenaikan yang mencolok posisi net short dari CT. Oleh sebab itu…., hati-hati.

Saya tidak tahu apakah koreksi kali ini hanya dangkal seperti yang terjadi di tahun 2005 pada bulan November (Chart-1) dan selanjutnya pada bulan November 2009 rally emas akan berlanjut sampai bulan Maret 2010. Atau koreksi yang cukup dalam dan mementahkan semuanya?

Opini saya cenderung pada yang terakhir. Memang hal ini belum pernah (jarang) terjadi bahwa rally mandeg di bulan September-Oktober. Untuk tahun 2009, emas sudah naik dari level $681/oz ke $1025/oz atau 51%. Sudah cukup banyak. Secara jangka panjang, emas sudah overbought. Lagi pula, level $1000/oz sudah beberapa kali ditest, bila harga emas terlalu lama berada disekitar itu tanpa ada resolusi, para spekulator menjadi bosan dan kemudian melepas posisinya. Di saat itu tingkat kepercayaan spekulator anjlog dan koreksi tajam dan dalam bisa terjadi.


Chart 3 (klik chart untuk memperbesar)

Emas akan di level $2000/oz di tahun 2010 seperti kata Rob McEwen dari Goldcorp? Kalau dilihat dari posisi short yang tinggi yang dimiliki oleh para Commercial Traders (CT) yang notabene adalah produser emas, maka Rob McEwen telah bohong. Kenapa mereka melakukan short kalau harga emas mau naik??? Kecuali sebaliknya, yaitu mereka sebenarnya percaya bahwa harga emas akan turun.

sumber: dikutip dari EOWI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: