hobi ngerokok??????

Ini adalah jawaban untuk masalah yang sering ditanyakan tentang kebiasaan merokok dan batang rokok. Anda mungkin mau membacanya dan sampaikan pesan ini kepada rekan atau anggota keluarga yang merokok.

Sudahkah terbukti kebiasaan merokok menyebabkan penyakit?
Jawab: Ya, Semua organisasi kesehatan diseluruh dunia setuju bahwa merokok akan menyebabkan:
Kanker paru-paru, mulut, tekak, kerongkongan, esofagus perut, pankreas, ginjal, saluran kencing, pangkal rahim.
Serangan jantung, masuk angin, tekanan darah tinggi dan penyakit pembuluh darah.
Penyakit paru-paru yang meradang (radang tenggorokan & empisema).
Perokok lebih berkemungkinan mengidap batuk dan flu, penyakit paru-paru, bisul peptic, osteoporosis, impoten dan ketidaksuburan (mandul).

Apakah rokok memerlukan waktu yang lama sebelum kebiasaan merokok membawa akibat ke badan saya?
Jawab: Tidak, Dalam beberapa menit, jika anda menghisap sebatang rokok maka:
Nikotin dalam asap rokok akan mempercepat detak jantung anda, meningkatkan tekanan darah dan mengganggu aliran darah dan udara dalam paru-paru anda.
Nikotin juga akan melumpuhkan bulu-bulu halus dalam aliran paru-paru anda yang seharusnya menyekat kotoran dan kuman. Mula-mula anda akan batuk dan serak serta hidung yg beringus.
Karbon monoksida dalam asap akan mengurangi jumlah oksigen yang dibawa dalam darah ke bagian badan yang lain termasuk jantung dan otak.
Tar dan bahan-bahan yang menyebabkan kanker ditinggalkan dalam aliran udara dan paru-paru.

Apa yang sangat membahayakan dari rokok?
Jawab: Setiap batang rokok mengandung lebih dari 4000 jenis bahan kimia. 400 diantaranya beracun dan kira-kira 40 diantaranya bisa menyebabkan kanker. Ini adalah sebagian dari contoh-contohnya:

Nikotin. Menyebabkan ketagihan, toleransi (memerlukan jumlah yang semakin bertambah) dan gejala-gejala ketagihan apabila berhenti merokok. Ia merangsang otak supaya si perokok merasa cerdas pada awalnya. Kemudian ia melemahkan kecerdasan otak.
Nikotin menyebabkan penghasilan adrenalin. Hormon yang menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan bekerja lebih kuat. Ini berarti jantung anda memerlukan lebih banyak oksigen untuk terus berdenyut. Nikotin juga menyebabkan darah anda lebih cepat membeku, berisiko tinggi terhadap serangan jantung kepada perokok.

Karbon. Gas yang berbahaya yang terdapat dalam pembuangan asap kendaraan. Ia menggantikan sebanyak 15% daripada oksigen yang seharusnya dibawa oleh sel-sel darah merah. Jadi jantung perokok yang memerlukan banyak oksigen ternyata mendapat lebih sedikit oksigen. Ini membahayakan untuk mereka yang mengidap penyakit jantung atau paru-paru. Ia juga menyebabkan perokok sesak nafas dan kurang daya staminanya. Karbon monoksida merusak lapisan dalam pembuluh darah dan meninggikan endapan lemak pada dinding pembuluh-pembuluh darah, menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Ini meningkatkan lagi risiko serangan jantung.

Tar. Digunakan untuk mengaspal jalan raya. Kebanyakan bahan-bahan yang menyebabkan kanker terdapat dalam asap rokok. Sebagian dari mereka adalah benzo(a) pyrene, nitrosamine dan B-naphtylamine, kadmium dan nikel.

Aseton. Peluntur cat.

DDT. Racun serangga untuk membunuh nyamuk dan semut.
Arsenik. Racun kutu dan racun yang digunakan untuk pembunuh-pembunuh terkenal!
Kadmium. Bahan kimia yang terdapat dalam accu.
Formaldehid. Digunakan untuk mengawetkan mayat.
Ammonia. Bahan aktif dalam pembersih lantai.
Hidrogen sianida. Racun yang digunakan untuk gas.
Naftalena. Bahan yang beracun yang terdapat dalam obat serangga.
Polonium – 210. 210-bahan radio aktif.
Vinil klorida. Bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik.

Pengaruh jangka panjang
Kanker paru-paru. 90% dari kematian yang terjadi dikalangan perokok disebabkan oleh kanker paru-paru.
Penyakit jantung. Penelitian telah menunjukan bahwa kira-kira 40% kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung sebelum umur 65 tahun berkaitan dengan kebiasaan merokok.
Emfisema dan bronkitis yang kronis. Merokok adalah penyebab utama bronkitis yang kronis. Rokok mempersempit saluran pernafasan dan merusak polusi udara dimana pertukaran gas berlangsung, menyebabkan anda susah untuk bernafas. Seorang yang bukan perokok yang sehat menggunakan 5% dari tenaganya untuk bernafas tetapi seseorang yang mengidap emfisema yang akut menggunakan 80% dari tenaganya hanya untuk bernafas.

Apakah rokok menyebabkan ketagihan?
Jawab: Ya. Rokok mengandung nikotin yang menyebabkan ketagihan yang sama seperti pada heroin atau kokain. Nikotin hanya memerlukan 10 detik untuk sampai ke otak dan membuat badan fikiran anda tergantung kepadanya.
Anda bisa ketagihan setelah menghisap beberapa batang rokok saja. Anda akan merasakan jika anda ingin merokok maka nikotin itu telah bersarang ditubuh anda. Jika anda tidak merokok, gejala penarikan yang tidak menyenangkan akan timbul (seperti rasa mabuk, penat, rasa bergetar pada tangan, pening kepala) oleh sebab itu yang tidak disadari adalah bahwa ia memerlukan usaha yang lebih kuat untuk berhenti merokok.

Adakah rokok yang mengandung kadar tar yang sedikit lebih aman?
Jawab: Tidak. Mereka mengandung jumlah banyak bahan-bahan kimia yang beracun yang sama seperti rokok biasa. Dan oleh karenanya perokok-perokok biasa (rokok yang mengandung nikotin) akan menarik nafas lebih dalam atau mereka bahkan akan menghisap lebih banyak rokok-rokok ini.
Akhirnya, jumlah tar dan nikotin yang dimasukkan ke dalam tubuh mereka sama saja seperti menghisap rokok yang biasa.

Apakah saya masih berisiko tinggi jika saya menghembuskan asap saja tanpa menghisapnya?
Jawab: Ya.
Kebanyakan dari bahan-bahan kimia dalam asap rokok (termasuk nikotin) bisa diserap melalui mulut dan hidung. Nikotin juga bisa diserap melalui kulit.
Asap yang dihembuskan akan berada lama diudara sekeliling dan apabila anda menarik nafas kembali, maka ia akan masuk lagi ke dalam paru-paru anda.
Kebanyakan perokok tidak menyadari bahwa mereka menghisap asap rokok apabila mereka menghembuskannya.

Apa yang akan terjadi jika seorang wanita hamil merokok?
Jawab: Kebanyakan racun dalam asap rokok diserap ke dalam aliran darah. Apabila seorang wanita yang hamil merokok, bahan-bahan ini beralih dari ibu ke darah bayinya.
Bayi wanita perokok mungkin dilahirkan kurang berat, tidak cukup bulan atau tidak dapat hidup. Bayi-bayi ibu yang merokok lebih berkemungkinan meninggal dunia pada tahun pertama. Jika mereka terus hidup, mereka mempunyai risiko yang lebih buruk untuk terjangkit paru-paru dan juga perkembangan fisik dan mentalnya kurang baik.
Penelitian menunjukkan bahwa bagi wanita yang tidak merokok, asap yang dihisap dari rokok suami bisa mempengaruhi kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Kedua orang tua harus meninggalkan kebiasaan merokok diawal kehamilan jika mereka mau mengurangi risiko kesehatan bayi mereka daripada terlambat.

Apa itu merokok pasif dan mengapa berbahaya?
Jawab: Seorang perokok pasif adalah seseorang yang menghisap asap rokok orang lain. Telah terbukti bahwa perokok pasif mengalami risiko kesehatan yang sama seperti seorang perokok.
Perokok pasif mungkin mengalami mata pedih, hidung beringus, tekak yang serak dan pening kepala. Jika mereka terus menghisap asap rokok orang lain, mereka mempunyai risiko yang tinggi terserang kanker paru-paru, serangan jantung dan jangkitan paru-paru. Merokok secara pasif juga menyebabkan paru-paru berfungsi kurang baik.
Merokok secara pasif bisa menyebabkan serangan kronis bagi mereka yang mengidap penyakit:
Bronkitis
Radang tenggorokan
Flu dan alergi
Asap yang disedot oleh perokok pasif mungkin mengandung:
3 kali lebih banyak tar
3 kali lebih banyak nikotin
5 kali lebih banyak karbon monoksida
50 kali lebih banyak bahan-bahan kimia yang menyebabkan kronis dibandingkan dengan asap yang dihisap oleh perokok melalui ujung rokok filter yang disaring.
Tetapi ini tidak berarti yang mempunyai kebiasaan menghisap rokok itu tidak membahayakan bagi perokok. Si perokok menghisap lebih banyak asap dari setiap batang rokok dari orang-orang disekelilingnya.

Apakah merokok secara pasif membahayakan kepada anak-anak?
Jawab: Ya, terutama jika orang tuannya merokok di rumah.
Proses membesar dan perkembangan paru-paru terhambat.
Mereka lebih berkemungkinan terserang batuk, flu dan terjangkit radang paru-paru
Mereka mungkin mendapat masalah pada telinga, hidup dan tekak (seperti radang pita suara)
Mereka lebih berkemungkinan menjadi perokok dengan mengikuti jejak orang tuanya.

Apakah manfaatnya jika saya berhenti merokok walaupun saya sudah merokok bertahun-tahun?
Jawab: Ya, ada. Jika anda meninggalkan kebiasaan merokok hari ini badan anda akan bebas dari nikotin dalam masa 8 jam. Kira-kira dalam satu minggu kemungkinan besar samping dari kebiasaan merokok akan hilang.
Lama kelamaan, badan akan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh tembakau. Dan jika anda terus menjauhkan diri dari rokok, risiko mengidap penyakit yang berkaitan dengan kebiasaan merokok berkurang. Masih belum terlambat untuk berhenti!!!

Adakah cara yang terbaik untuk berhenti merokok?
Jawab: Tidak ada suatu cara yang terbaik untuk semua orang, karena pengaruhnya berlainan. Tetapi hanya ada satu masalah yang sama diantara bekas perokok yang sukses adalah mereka semua memang mau berhenti merokok!
Berhenti secara mendadak. Seorang perokok berhenti merokok sepenuhnya pada saat tertentu. Cara ini adalah yang paling banyak dijalani. Kebanyakan bekas perokok berhenti melalui cara ini. Coba cara ini dulu sebelum mencoba cara yang lain.
Cara menunda secara perlahan. Cara ini mengajak anda menunda masa anda menghisap batang rokok yang pertama sehingga anda dapat bertahan satu hari tanpa rokok. Atau anda bisa menunda menyalakan batang rokok beberapa menit sehingga anda bisa bertahan tanpa rokok sepenuhnya setiap kali anda ingin merokok.
Cara mengurangi. Cara ini adalah dengan mengurangi bilangan rokok yang dihisap setiap hari sehingga anda tidak merokok lagi sama sekali.Anda juga bisa mengurangi separuh dari satu batang rokok setiap kali anda merokok.
Terapi penggantian nikotin. Tempelan nikotin bisa menolong mengurangi gejala ketagihan yang anda alami apabila anda berhenti secara mendadak. Nikotin dalam tempelan menembus kulit ke dalam tubuh anda untuk mengurangi keinginan merokok. Ini menolong anda menghadapi kebiasaan merokok dan ketergantungan psikologi. Tanyakan kepada dokter anda untuk keterangan lebih lanjut.

Adakah reaksi-reaksi yang normal setelah saya berhenti merokok?
Jawab: Ada. Gejalanya antara lain:
Susah untuk memusatkan perhatian atau rasa mabuk karena otak anda perlu menyesuaikan diri kepada oksigen yang lebih.
Batuk dan hidung beringus karena paru-paru anda mencoba menghilangkan semua kotoran dan kuman yang terkumpul semasa anda merokok.
Keinginan yang kuat untuk merokok selama satu atau dua minggu selama tubuh anda mencoba menghilangkan nikotin.
Rasa bergetar di tangan dan kaki apabila darah mulai mengalir seperti biasa.
Tidak semua orang mengalami gejala-gejala ini tetapi jangan putus asa jika anda mengalaminya. Hal ini akan hilang dalam satu atau dua minggu dan itu adalah tanda-tanda bahwa keadaan anda mulai membaik.

Bagaimanakah cara untuk mengatasi keinginan untuk merokok?
Jawab: Ada beberapa cara untuk mengatasi keinginan untuk merokok, antara lain:
Minta anggota keluarga dan rekan-rekan anda supaya mendukung dan mengingatkan anda.
Jauhi orang-orang, tempat dan keadaan yang dapat membuat anda tertarik untuk merokok sekurang-kurangnya pada minggu-minggu pertama setelah berhenti.
Hindari keinginan untuk merokok dengan membuang semua rokok-rokok, pemetik api dan tempat abu rokok.
bergayalah seperti orang yang tidak merokok. Gantungkan tanda “dilarang merokok” untuk mengingatkan diri anda sendiri.
Ubahlah pekerjaan yang biasa dilakukan setiap hari untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Misalnya, kebiasaan merokok setelah makan, bangun dari meja makan dan gosok gigi atau pergi jalan-jalan.
Lakukan sesuatu yang memerlukan anda menggunakan tangan, seperti membersihkan rumah, membuat kerajinan tangan atau berkebun.
Cari sesuatu yang menarik untuk dilakukan pada saat-saat anda merasa ingin merokok. Biarkan diri anda senantiasa sibuk dan aktif dengan melakukan hobi baru.
Kunyalah makanan kecil atau makanan ringan yang menyehatkan (seperti sayur-sayuran dan buah-buahan) dan lebih banyak minum.
Berolahragalah selalu. Bersenam yang dapat melegakan pernafasan dan anda merasa lebih bertenaga.
Pelajari cara-cara menenagkan diri seperti bernafas dengan panjang dan lemaskan otot untuk melegakan pernafasan.
Jika anda merasa kaku karena tidak memegang rokok di tangan anda, gunakan benda-benda lain seperti pensil, klip kertas, uang koin atau pengorek gigi.
Dokter anda bisa memberikan tempelan nikotin untuk membantu anda mengurangi keinginan merokok. Ini bisa anda dapatkan di klinik-klinik berhenti merokok di poliklinik-poliklinik tertentu.
Mintalah Dokter Gigi anda membersihkan gigi anda dari kotoran yang disebabkan oleh tembakau supaya anda kelihatan lebih menarik. Anda tidak ingin mengotori gigi anda lagi.
Hadiahkan diri anda setiap minggu atau setiap bulan dengan bebas rokok. Gunakan uang yang biasa dipakai untuk membeli rokok untuk membeli sesuatu yang benar-benar anda inginkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: