BOIKOT SINETRON JIPLAKAN INDONESIA

Friends,

mungkin sudah banyak yang mendengar tentang maraknya razia CD bajakan oleh polisi di Indonesia.. bagi yang ke glodok sabtu 2 minggu lalu pasti ngeliat deh..  tapi, tahu gak sih.. untuk menjadi pembajak di Indonesia tuh gak perlu produksi/jual CD bajakan yang harus sembunyi… bisa kok membajak terang-terangan tanpa takut ditangkap atau dirazia( heh!!! yg jayuz jgn diplesetin jadi membajak sawah yeeee…*galak mode on* )… soalnya nyadar gak nyadar, tahu gak tahu.. pembajakan tuh sedang berlangsung terang-terangan,di layar kaca anda..

setiap hari.. dari pagi ampe sore..perhatiiin deh sinetron2 yg tayang di layar kaca anda…yah, bagi yg gak suka nonton sinetron, setidaknya lihat lah secuplikan iklan2nya…. mungkin  ada di antara teman2 semua yang merasa bangga ngeliat begitu maraknya produksi2 dalam negri, sinetron indonesia sedang bergeliat….eiiiittsss..tunggu dulu.. jangan bangga dulu… dicek dulu, banyak sinetron2 itu adalah hasil jiplakan dari drama korea/jepang/china/taiwan.. Yang dijiplak secara terang2an, malah…diakui sebagai karya sendiri… tanpa permisi, izin, bayar royalti, langsung deh jadi SINETRON Indonesia

jadi tak ada itu istilah "menghargai hak cipta" dalam kamus pesinetronan di Indonesia…… memang canggih bangsa kita ini.

en tahu gak sih.. di antara sinetron2 itu ada yg katanya2 prek, cuma tinggal nerjemahin dri sinetron aslinya, ampe model baju dimirip-miripin…

salah satu contoh, sinetron yg dipromosikan secara gencar2an.. sebagai sinetron penuh hikmah adalah "Buku Harian Nayla"..  Tahukah anda bahwa itu dijiplak dari japan drama "One Litre of tears",diangkat dari kisah nyata seorang almarhum gadis jepang bernama Aya…   itu adalah sinetron yang diakui sebagai buatan ASLI indonesia….  tanpa izin ke pembuat sinetron aslinya, tanpa izin dari keluarganya si Aya… coba teman2 bayangkan bahwa ada yg buat film tentang kehidupan adik  tanpa minta izin ke kita trus ditayangkan ke seluruh negri… ck ck ck

Itu baru satu contoh judul..mau tahu  sinetron lainnya:
1. Benci Bilang Cinta (Goong / Princess Hours – korean drama)
2. Benci Jadi Cinta (My Girl – korean drama)
3. Impian Cinderella (Prince Who Turns Into Frogs – taiwan drama)
4. Cowok Impian (It Started With A Kiss – taiwan drama)
5. Putri Kembar (100% Senorita / Twins – taiwan drama)
6. Dua Hati Satu Cinta (Qin Shen Shen Yu Meng Meng / Kabut Cinta – taiwan drama)
7. Sumpeh Gue Sayang Loe (Smile Pasta – taiwan drama)
8. Kau Masih Kekasihku (At The Dolphin Bay – taiwan drama)
9. Pangeran Penggoda (Devil Beside You – taiwan drama)
10. Rahasia Pelangi (Love Apart A Moment – taiwan drama)
11. 2 Hati (Snow Angel – taiwan drama)
12. Berani Tampil Beda (Magicians of Love / Ai Qing Mo Fa Shi – taiwan drama) – apparently belon maen
13. Benar-benar cinta (Devil Beside You – taiwan drama)
14. Bukan Diriku (Anything For You – japanese drama)
15. Pengantin Remaja (My Little Bride – korean drama)
16. Bintang (HZGG – taiwan drama)
17. Pacarku Besar Sekali – ftv (My Name is Kim Sam Soon – korean drama)
18. Katakan Kau Mencintaiku (Sad Love Song – korean drama)
19. Cincin (Beautiful Days – korean drama)
20. Liontin (Glass Shoes – korean drama)
21. Wulan (Term of endearment)
22. Intan (Be Strong Geum Soon – korean drama)
23. I love you, Boss! (Bright Girl’s Success Story – korean drama)
24. Buku Harian Nayla (1 litre of tears – japanese drama)
25. Janji Jaya (My Name is Kim Sam Soon – korean drama)
26. Cinta Remaja (My Sassy Girl Choon Hyang – korean drama)
27. Darling (My Name is Kim Sam Soon – korean drama)

28. lihat sinetron berikutnya, mungkin itu juga jiplakan…
29 …..

makanya friends, sebarkan email ini biar setidaknya yg buat sinetron, producernya, pemain filmnya, ato stasiun TV  rada merasa malu

salam,
Evrita

Sumber: milis tetangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: